Seperti Inilah Contoh Slip Gaji yang Benar - Grosir Kacamata

Seperti Inilah Contoh Slip Gaji yang Benar

grosir 0
Seperti Inilah Contoh Slip Gaji yang Benar

Agar bisa mendeteksi pendistribusian gaji dengan baik dan benar, tentunya sebuah perusahaan sangat membutuhkan slip gaji. Pasalnya, slip gaji itu sendiri merupakan catatan ringkas yang berisi rincian hak-hak semestinya diperoleh para karyawan dalam periode tertentu, sekaligus juga pengurangan yang terkait. Dengan kata lain, fungsi dari slip gaji ini untuk transparansi keuangan agar terhindar dari kesalahan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Nah, ngomong-ngomong soal contoh slip gaji, berikut dibawah ini ada beberapa poin yang harus tercantum dalam slip gaji.

Nama dan Logo Perusahaan

Poin yang pertama ini merupakan elemen paling penting, agar terlihat identitas pembuat slip gaji tersebut. Dengan demikian, siapa pun yang melihatnya bisa mengetahui siapa orang yang memberi gaji pada karyawan yang bersangkutan. Tak hanya itu, adanya nama dan logo perusahaan juga tidak akan tertukar dengan bukti pembayaran di toko.

Data Karyawan

Tentunya dalam perusahaan menengah keatas masing-masing karyawannya memiliki besaran gaji yang berbeda-beda. Pasalnya, hal tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti durasi pekerjaan, jenjang pendidikan, hingga jabatan. Mengingat akan hal itu, maka sangat penting bagi kita untuk mencantumkan data karyawan pada slip gaji. Adapun mengenai data karyawan yang dimaksud seperti:

  • Nama penerima gaji
  • Jabatan
  • Nomor pegawai (jika ada)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Tanggal Pembayaran

Tak hanya berfungsi sebagai tanggal yang paling dinanti oleh karyawan, tanggal pembayaran ini juga bisa dijadikan bukti pertanggungjawaban jika suatu hari terjadi hal-hal diluar dugaan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencantumkan tanggal pembayaran dengan lengkap dari tahun-ketahunnya. Dengan begitu, keberadaan tanggal pembayaran dalam slip gaji ini akan memudahkan pihak keuangan guna membentuk laporan tahunan nantinya.

Rincian dari Pembayaran yang Sesuai

Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, bahwa besaran gaji pokok yang diterima oleh karyawan harus setidaknya 75% dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap. Kegiatan ini bertujuan supaya perusahaan dapat mempertanggungjawabkannya. Rincian pembayaran yang lengkap ini terdiri dari gaji pokok, tunjangan, potongan, upah lembur, dan komisi.

Informasi Pajak

Sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan untuk menerapkan dan memproses pembayaran pajak para karyawannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pada umumnya, semua karyawan akan dikenai biaya potongan pajak yang serupa. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman, sehingga perusahaan wajib mencantumkan informasi pajak dalam slip gaji. Dengan demikian, maka karyawan bisa melihat sendiri jumlah gajinya, jumlah biaya pemotongan pajak, serta berapa banyak jumlah gaji yang akhirnya bisa mereka dapatkan.

Keterangan “Dokumen Rahasia”

Slip gaji merupakan informasi financial bagi setiap karyawan yang sifatnya pribadi. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mencantumkan tulisan yang menyatakan tentang kerahasiaan dari slip gaji tersebut. Lantas, apa tujuannya? Ya, keterangan atau dokumen rahasia bertujuan untuk memberitahu bahwa data yang tercantum di dalamnya hanya bisa diketahui oleh perusahaan dan karyawan yang terkait, sehingga tidak mungkin diketahui oleh pihak lain.

Slip gaji pada setiap perusahaan tentunya akan berbeda-beda, sehingga kamu bisa dengan bebas mengkreasikan slip gaji. Dengan catatan, semua poin-poin yang sudah disebutkan di atas tadi harus tercantum pada slip gajimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *